Tahap Pengikhtisaran Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan jenis perusahaan yang berusaha mencari keuntungan dari manjual barang dagangan. Di sekitar kita banyak sekali terdapat perusahaan dagang, contohnya toko yang menjual peralatan listrik, supermarket, toko bahan bangunan, dan lain-lain.

Karakteristik perusahan dagang dapat dilihat dari beberapa sudut, diantaranya dilihat dari aktivitasnya yakni membeli dan menjual barang dalam bentuk yang sama. Selain itu juga melakukan transaksi yang serupa dilakukan oleh perusahaan jasa, seperti transaksi pembayaran hutang, penerimaan pelunasan piutang, pembayaran biaya dan sejenisnya yang dilakukan oleh perusahaan jasa juga dilakukan oleh perusahaan dagang.

Dilihat dari pengukuran laba bersihnya, secara konseptual perusahaan dagang adalah sama dengan perusahaan jasa, di mana laba ataurugi bersih diperoleh dari matching antara pendapatan dan biaya. Dalam perusahaan dagang, sumber utama pendapatan adalah dari penjualan barang dagangan yang biasa disebut dengan pendapatan penjualan atau penjualan.

Tahap pencatatan meliputi pencatatan transaksi dalam jurnal dan posting ke buku besar. Setelah posting ke buku besar selesai maka disusunlah neraca saldo. Karena neraca saldo belum memberikan informasi yang sebenarnya dan belum lengkap untuk semua akun maka perlu disesuaikan. Dalam materi ini akan diuraikan tentang pembuatan jurnal penyesuaian dan neraca lajur.