Keahlian Manajemen

Agar tujuan organisasi ataupun perusahaan dapat tercapai dengan baik, maka diperlukan orang-orang yang memiliki keahlian manajerial. Berikut ini adalah keahlian-keahlian manajerial yang harus dimiliki.

  1. Keahlian Teknis Keahlian teknis adalah keahlian yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu. Misalnya ahli mengoperasikan komputer, membuat desain bangunan, ahli bedah, dan sebagainya.
  2. Keahlian Berkomunikasi Maksud dari keahlian berkomunikasi adalah mampu menerima dan menyampaikan setiap informasi yang ada kepada orang lain. Dalam sebuah organisasi keahlian komunikasi merupakan faktor penting demi kelancaran dalam pekerjaan.

    Komunikasi ini tidak hanya satu arah saja (dari atasan ke bawahan) namun harus dua arah (dari bawahan ke atasan) Contoh keahlian komunikasi adalah keahlian bernegoisasi, memotivasi, meyakinkan orang, dan lain sebagainya.

  3. Keahlian Konseptual Keahlian konseptual yaitu kemampuan dalam mengoordinasikan dan mengintegrasikan semua aktivitas organisasi.
  4. Keahlian Pengambilan Keputusan Keahlian pengambilan keputusan adalah kemampuan dalam mendiagnosa dan menganalisis sekaligus menawarkan berbagai alternatif solusi atas masalah yang terjadi.
  5. Keahlian Mengelola Waktu Keahlian ini adalah kemampuan dalam memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.