Jurnal Penutup

Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk me-nol-kan akun-akun nominal. Jenis-jenis akun yang perlu ditutup adalah pendapatan, beban, ikhtisar laba-rugi, dan dividen atau prive.

Jurnal Penutup untuk Pendapatan

Jurnal ini untuk memindahkan saldo semua akun pendapatan ke akun ikhtisar laba-rugi. Untuk itu jurnal penutup akun Pendapatan dilakukan dengan mendebit akun Penjualan dan Pendapatan di luar usaha. Sedangkan di sebelah kredit adalah akun Retur Penjualan dan Pengurangan Harga, akun Potongan Penjualan, dan akun Ikhtisar Laba-Rugi.

Jurnal Penutup untuk Beban

Jurnal ini untuk memindahkan semua saldo akun beban ke akun Ikhtisar Laba-Rugi. Termasuk di dalamnya akun-akun sementara yang merupakan unsur harga pokok penjualan.

Jurnal Penutup untuk Ikhtisar Laba-Rugi

Jurnal ini untuk memindahkan saldo akun Ikhtisar Laba-Rugi. Di samping kedua jurnal penutup di atas, akun Ikhtisar Laba-Rugi juga memuat jurnal penyesuaian untuk persediaan. Bila perusahaan berbentuk persekutuan (firma dan CV) maupun perusahaan perseorangan, pemindahan saldo akun Ikhtisar Laba-Rugi ini dilakukan ke akun Modal. Dalam perseroan terbatas jurnal penutup dilakukan ke akun Laba Ditahan.

Jurnal Penutup untuk Dividen atau Prive

Dalam perusahaan yang berbentuk persekutuan maupun perseorangan tahap keempat ini untuk memindahkan akun Prive masing-masing pemilik ke akun Modal. Karena dalam bentuk PT, pengambilan prive tidak ada, namun terdapat pengembalian laba yang dilakukan secara serentak kepada semua pemilik (pemegang saham) dalam bentuk dividen. Jurnal penutup untuk dividen adalah pemindahan saldo akun Dividen ke akun Laba Ditahan.