Neraca Saldo Setelah Penutupan dan Jurnal Pembalik

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Setelah ayat jurnal penutup dan memindahbukukan (posting) ke buku besar, tahap berikutnya dari siklus akuntansi adalah membuat neraca saldo setelah penutupan. Tujuan membuat neraca saldo setelah penutupan adalah untuk memastikan kebenaran buku besar apakah telah seimbang (balance) sebelum memulai pencatatan transaksi pada periode akuntansi berikutnya.

Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik (reversing entries) adalah jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi untuk membalik jurnal penyesuaian tertentu yang dibuat pada periode sebelumnya. Jurnal ini sebenarnya bukan merupakan suatu keharusan. Jurnal pembalik dibuat agar pencatatan dalam periode berikutnya dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Hal tersebut tergantung pada sistem akuntansi yang digunakan dan sifat manusia yang menghendaki kepraktisan. Ayat pembalik merupakan kebalikan dari ayat jurnal penyesuaian, namun tidak berarti semua ayat jurnal penyesuaian dapat dibuatkan jurnal pembalik.

Berikut ini ayat penyesuaian yang perlu dilakukan ayat pembalik pada awal periode akuntansi berikutnya.

  1. Pembayaran Beban
    1. Jika pada saat awal pembayaran dicatat sebagai biaya (menggunakan pendekatan laba-rugi), maka pada awal periode akuntansi berikutnya perlu ayat pembalik.
    2. Jika pada saat awal pembayaran dicatat sebagai harta (menggunakan pendekatan neraca), maka pada awal periode akuntansi berikutnya tidak perlu ayat pembalik.
  2. Penerimaan Pendapatan
    1. Jika pada saat awal pembayaran dicatat sebagai pendapatan (menggunakan pendekatan laba-rugi), maka pada awal periode akuntansi berikutnya perlu ayat pembalik.
    2. Jika pada saat awal pembayaran dicatat sebagai utang (menggunakan pendekatan neraca), maka pada awal periode akuntansi berikutnya tidak perlu ayat pembalik.
  3. Pendapatan yang Akan Diterima Ayat pembalik atas pendapatan yang akan diterima pada awal periode akuntansi berikutnya adalah kebalikan dari ayat penyesuaian akhir periode akuntansi.
  4. Beban yang Akan Dibayar Ayat pembalik atas beban yang akan dibayar pada awal periode akuntansi berikutnya adalah kebalikan dari ayat penyesuaian akhir periode akuntansi.