Harga Pokok Penjualan

Data-data yang terdapat dalam neraca lajur digunakan sebagai dasar untuk menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan perusahaan jasa berbeda dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Dalam perusahaan dagang terdapat persediaan barang dagang untuk dijual kepada langganan sedangkan pada perusahaan jasa tidak terdapat persediaan barang dagang.

Kita ketahui bersama bahwa tujuan perusahaan dagang adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba. Untuk mengetahui laba atau rugi perlu diketahui besarnya harga pokok penjualan. Pada materi ini akan dibahas mengenai cara penghitungan harga pokok penjualan serta laporan keuangan perusahaan dagang.

Sebelum kita menghitung laba kotor dalam perusahaan dagang maka harus menghitung terlebih dahulu harga pokok penjualan. Apa yang dimaksud harga pokok penjualan? Harga pokok penjualan adalah jumlah persediaan barang dagang awal ditambah dengan jumlah pembelian bersih dikurangi dengan persediaan barang dagang akhir.

  1. Menghitung Pembelian Bersih Pembelian bersih adalah jumlah pembelian kotor (baik yang dilakukan secara tunai maupun kredit dan ditambah dengan beban angkut pembelian) dikurangi dengan retur pembelian dan pengurangan harga, dan potongan pembelian.
  2. Menghitung Barang Siap Dijual Unsur utama dari harga pokok penjualan adalah pembelian bersih dan jumlah barang yang siap untuk dijual. Penghitungan pembelian bersih telah dijelaskan di atas. Untuk menghitung jumlah barang yang siap untuk dijual adalah menambahkan jumlah persediaan barang dagang awal dengan jumlah pembelian bersih dalam satu periode akuntansi.
  3. Menghitung Harga Pokok Penjualan Kegiatan pada perusahaan dagang adalah menjual barangbarang yang sebelumnya dibeli. Nilai penjualan yang diterima dicatat sebagai penjualan, sedangkan nilai beli yang dikeluarkan untuk barang yang dijual dicatat sebagai harga pokok penjualan. Untuk menghitung harga pokok penjualan adalah jumlah persediaan barang siap dijual dikurangi dengan persediaan barang dagang akhir.

Untuk lebih memahami cara penghitungan harga pokok penjualan, berikut ini diberikan contoh penghitungan harga pokok penjualan pada perusahaan dagang PD Makmur Sejati.